31 Agu 2012

Plan Your Future

Tanggal 12 Juli kemarin, aku diminta untuk jadi pemateri di acara Masa Orientasi Siswa Baru di SMK 2 Maskumambang. Awalnya sempet ragu juga, maklum sudah lama sekali nggak jadi pemateri di suatu acara. Terakhir
kalo nggak salah ngisi kajian keputrian di jurusan Matematika dan PENS. Itupun masih belum maksimal penyampaiannya. Kadang bingung juga kenapa bisa begitu. Padahal aku sering lho ngasih motivasi atau whatever ke teman-teman atau adik-adik tingkat, tentunya dalam forum nonformal. Dan biasanya aku lancar banget nggowes masalah ini itu. Tapi kalo udah ngisi materi di suatu forum, bawaannya bingung sendiri. Faham tapi gak bisa menjelaskan. Yah,, beginilah kalo lulusan jurusan murni. Coba kalo aku mahasiswa pendidikan, pasti lancar banget ngecepres di depan audience.
But,, entah kenapa, tanpa pikir panjang aku mengiyakan tawaran tersebut. padahal aku terhitung guru baru di SMK. Yah, this is my first year,,. Mungkin karena kebawa semangat pengen jadi trainer kali ya,, hemm,, ngomong-ngomong soal pengen jadi trainer  aku jadi inget kejadian pas aku nangis gara-gara gagal jadi pemandu. Padahal aku dah lolos screening  tapi gugur gara-gara nggak ikut technical meeting. Saat itu rasanya kecewaaaaaaaaaaa banget. Gimana nggak, aku dah menunggu kesempatan itu selama dua tahun. Eh, giliran dapet malah terpaksa gugur. Hiks,,,
Kembali ke episode ngisi MOS. Dua hari aku nyicil presentasi buat acara tersebut. Sengaja aku bikin model presentasi yang colorfull dan bergambar menarik. Pikirku, minimal peserta tertarik dengan tampilan presentasinya. Jadi meskipun aku bawa materinya nggak oke, it's no problem. Dua hari aku sibuk download referensi materi dan gambar-gambar yang lucu. Untungnya, aku lumayan ahli bikin ppt. Dulu waktu masih jadi SC Ramadhan di Kampus JMMI, aku paasti kebagian tugas bikin ppt. Katanya, ppt bikinanku menarik, hehe,,
Akhirnya, sampai juga di hari-H. Dengan percaya diri aku menuju lokasi MOS. Sehari sebelumnya aku udah sempet survei lokasi, jadi sudah bisa membayangkan kondisi kelas nantinya. Kesan pertama, lumayan menarik. Aku menangkap ada beberapa peserta yang antusias. Kubuka materi pagi itu dengan sapaan "Selamat pagi!!!!". Peserta jawabnya lemes, Kuulang sapaan itu dengan gaya trainer ESQ, "Pagi!!!". Mulai semangat. akhirnya setelah beberapa kali mengulang sapaan, mereka mulai bangkit dari awang-awang. Yes!!!!
Nggak tau kekuatan apa yang merasuki tubuhku, tiba-tiba saja aku bisa berbicara dengan lancar dan gamblang. Sesekali kusisipi joke-joke menarik untuk membangkitkan antusiasme mereka. Aku juga mencoba menyampaikan materi secara dua arah. Surprise, aku berhasil menyedot perhatian mereka. Aku semakin percaya diri. Untuk menghindari kejenuhan, aku tampilkan video yang senada dengan materi yang kusampaikan. Aku juga membuat game-game asah otak. Wuiih,,, senang sekali melihat mereka bersemangat dan ceria. Materi itu berakhir tepat 1 jam sejak dimulai. Aku senang bisa memberi sesuatu untuk mereka. 
Berikut link untuk mendownload materi yang aku sampaikan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar