3 Des 2014

Catatan on The last Two Months

Haaaaiiiiiii!!!! fiuh, lama sekali tak pernah menulis sesuatu di blog ini. sejak aku mulai disibukkan dengan deretan tugas pengabdian yang memakan waktu hampir satu minggu penuh tiap pekannya. well,, aku mau nulis apa yah?? mungkin berbagi cerita tentang dunia pengabdian yang hampir aku tuntaskan. tepatnya dua bulan lagi. (yes, yes, alhamdulillah,,, :))


sejak hari pertama pengabdian aku sudah diserahi tugas untuk mengajar pelajaran matematika dan bimbingan olimpiade matematika. awalnya cuma MTs, lalu SMK, MA dan sekarang termasuk PT di yayasan yang sama. Bangga sih, secara aku baru bergelar S1 saat ini, tapi sudah bisa membagi ilmu di jenjang setinggi itu. tapi bukan hal itu yang terpenting, the most important thing is experiences. Aku mendapat pengalaman yang luar biasa setiap hari. mulai dari pengembangan kepribadian, kedewasaan, kesabaran dan aneka pengetahuan yang tak pernah kudapatkan di bangku sekolah dan kuliah.

 di sini aku belajar keikhlasan. bagaimana tidak? aku mempertaruhkan mimpiku untuk menjalaninya. aku yang bermimpi melanjutkan S2, S3 dan mengambil gelar Profesor sebelum usia 35 tahun. hahaha,,, mimpi yang luar biasa kan?? yah, kan bermimpi harus setinggi-tingginya. tapi kini aku harus menunda itu semua. aku harus menuntaskan pengabdianku selama 3 tahun penuh. anggap saja melakukan kewajiban setelah hak yang kuterima di masa lalu. eits, jangan memandangku iba begitu dong. pengabdian di tempatku tetap keren lho,,, aku tetap dianggap sebagai guru biasa yang memperoleh hak yang sama dengan guru lain, termasuk gaji full yang bagiku lebih dari cukup.

aku juga belajar semua hal yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. aku belajar bagaimana menyampaikan pelajaran dengan menarik, menghidupkan antusiasme siswa, telaten dalam mengajari anak dengan kemampuan di bawah siswa lain, menanggapi pertanyaaan siswa yang kritis, bahkan menanggulangi ke"nakal"an anak yang sedang mencari jati diri. kesimpulannya, di usiaku saat ini, aku sudah menjadi ibu dari ratusan anak-anak yang kuajar. I love them and I hope they love me. ckckckck

rutinitas ini kuakui cukup mengubahku. masih tetap kekanak-kanakan sih, tapi sudah mulai bisa berfikir dan bertindak dewasa di saat-saat tertentu. sometimes aku merasa kehilangan diriku yang dulu. yang bagiku sangat menyenangkan. tapi bukankah seharusnya kita selalu berproses ke arah yang lebih baik?

hari ini, tepat dua bulan sebelum pengabdianku secara "informal" berakhir. entah apakah yang kulakukan ini sudah bisa membayar beasiswa dan semua hal yang telah kudapatkan selama 3,5 tahun masa perkuliahan. semoga tidak ada yang menagih hutangku di akhirat kelak.. aaminn

sekarang aku tengah berhitung menuju hari dimana aku akan melanjutkan mimpiku. bismillah,,, semoga waktu yang tertunda ini tidak menyurutkan semangat dan esensi dari mimpi-mimpi ini.. :)

with love,
D'Smart Dimples



Tidak ada komentar:

Posting Komentar